Senin, 18 Februari 2013

Sejarah Sistem Periodik Unsur



1.       Hukum Triade dari Dobereiner
Dobereiner adalah orang pertama yang menentukan hubungan antara sifat-sifat kimia dengan massa atom. Triade adalah unsur yang dikelompokkan berdasarkan kesamaan sifatnnya dan diurutkan massa atomnya, sehingga setiap kelompok terdiri dari tiga unsur dengan massa unsur yang ditengah merupakan rata-rata.
2.        Hukum oktaf dari John Newlands
          Pada tahun 1863 dia menyusun unsur-unsur menurut naiknya massa atom. Hukum oktaf berbunyi, “jika unsur-unsur disusun berdasarkan kenaikan atom, maka sifat tersebut akan berulang setelah unsur ke-8.” Teori ini merupakan pembuka jalan bagi penggolongan unsur.
3.        Tabel Periodik Unsur Mendeleyev dan Lothar Mayer
Pada tahun 1869 Mendeleyev menyelidiki hubungan massa atom dengan sifat-sifat kimia. Tahun 1870 Lothar Meyer menyelidiki hubungan massa atom dengan sifat-sifat fisika. Tetapi teori yang lebih kuat adalah teori milik Mendeleyev dan teorinya dapat dikembangkan, susunan tersebut lebih dikenal dengan susunan berkala Mendeleyev.
          Susunan unsur Mendeleyev berisi, “bila unsur-unsur disusun berdasarkan kenaikan massa atomnya, maka sifat unsur atom berulang secara periodik.” Lajur tegak disebut golongan dan lajur mendatar disebut periode.
4.       Tabel Periodik Bentuk Panjang
a.       Disusun berdasarkan nomor atom.
b.      Sifat-sifat unsur merupakan fungsi berkala dari atomnya.
c.       Menghasilkan baris yang disebut periode dan kolom yang disebut golongan.
d.      Dalam satu golongan, unsur-unsur memiliki kemiripan sifat.

0 komentar:

Posting Komentar